Kualat

pernah kan denger kata kualat. yang selalu diidentikkan dengan definisi negatif. maksudnya kualat selalu dibarengai dengan hasil dari aksi perbuatan negatif. apapun itu bentuknya. bisa juga kualat sama pengertiannya dengan Karma. Apa yang kita pernah perbuat , suatu ketika di kemudian hari, kita juga akan mengalami seperti apa yang pernah kita lakukan. bingung ya? sama.aku juga bingung.
menurutku kualat hanyalah sugesti seseorang saja. itu hanya lahir dari sebuah perasaan “merasa berdosa”. kehidupan ini sangatlah majemuk. ada positif dan ada pula negatif. nah ketika kita merasa sudah berbuat sesuatu yang positif , kelak suatu saat jika kita mendapatkeajaiban yang membuat kita senang asti kita akan berpikir, mungkin ini yang dinamakan “balasan dari Tuhan”. Gak jauh berbeda pula, jika kita merasa sudah melakukan perbuatan yang negatif , kelak jika kita mendapat kesialan, pasti pikiran kita secara otmatis terarah ke “karma atau kualat”.
wajar saja sik menurutku seseorang punya pandangan seperti itu. karena itu bisa jadi sesuatu yang bisa menjadikan seseorang bisa lebih instropeksi diri. Dalam hidup ini pasti ada perubahan. dan aku yakin orang dimanapun pasti ingin kehidupannya berubah. tentu seperti keinginan masing-masing. Nah dengan kesialan dan kita berpikir bahwa sedang terkena “karma/kualat” itu bisa membuat sesorang menjadi lebih mawas diri supaya kedepannya kita bisa melakukan sesuatu dengan hati-hati. Di sini kita bisa menemukan kaedah dan manfaat merasa diri kita sedang “kualat”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s