Gadri Resto, Jogjakarta 02 September 2011

asiiiikkk…makan salad buah….OMG …. mayonaisenya nendang banget. Mantabs.

 

Duduk di depan Gamelan Yang hanya dimainkan pada even tertentu ^_^

 

berdiri di depan Perpustakaan Pribadi

 

Di Garden Belakang Rumah

 

sama Ayuk…si Cemong…. ^_^

 

Nyruput wedang secang…seger seger anget gimana gituh

 

Serasa Rumah sendiri ^_^

 

Dah kayak putra kerajaan belum…ahahaha

 

Di depan pintu utama Pendapa

 

Ruang makan

 

 

Tampak Depan Gadri Resto

 

Ni dia Gapuranya
okeh sedikit informasi mengenai Gadri resto yang aku ambil dari informasi orang yang lebih tahu mengenai tempat ini….cekibrot >>>
Awal didirikan pada tahun 1984, pendirinya adalah GBPH Joyokusumo, yang merupakan adik kandung dari HB X. Resep-resep yang tersedia di Gadri Resto adalah hasil kumpulan resep turun-temurun Kraton yang dikumpulkan dan dibukukan oleh istri dari Gusti Joyokusumo. Bendoro Pangeran Haryo (BPH) Haji Joyokusumo yang anggota DPR ini adalah adik kandung Sultan HB X, putra mendiang Sultan Hamengku Buwono IX. Dan nDalem Joyokusuman, yang sekarang ini dibuka untuk umum tempat Resto Gadri, dari sejak dulu adalah bangunan tempat tinggal ajudan Sultan Yogyakarta, dibangun sejak tahun 1916. Sementara Resto Gadri sendiri didirikan sejak mendiang Sultan HB IX masih hidup, lebih dari 20 tahun silam. Gadri Resto hadir untuk melestarikan resep-resep tradisional Jawa, yang sangat banyak dan beberapa yang sudah terinventaris dan ada menjadi menu-menu khas gadri Resto. Salah satu menu yang ada di Gadri Resto adalah pisang goreng keju. Tapi sangat berbeda sekali dengan pisang keju yang ada di tempat lain. Bedanya sebelum dibakar pisang kepok terlebih dahulu dibersihkan pakai kulit pisang sampai keluar minyaknya. Kemudian digoreng sampai kecoklatan. Lalu ditasnya ditaburi keju dan dihias dengan buah ceri merah. Rasanya pisangnya lebih empuk, kering dan tidak berminyak, sangat tepat ditemani dengan Beer Djawa maupun wedang secang. Kalau mau makan dengan rombongan atau keluarga bisa reservasi dulu biar disiapkan terlebih dahulu menu-menu andalannya. Bisa disajikan menu ala carte atupun buffe.

 

Nasi Blawong, itulah nama masakan khas dari Gadri Resto. Nasi Blawong adalah masakan kesukaan Hamengkubuwono VIII dan IX. Nasi putih yang dicampur dengan aneka macam rempah-rempah ini menjadi lebih memikat selera ketika dimakan bersama pelengkapnya, yaitu daging lombok kethok, ayam goreng laos, dan telor masak pindang yang digoreng. Menu kombinasi ini tidak bisa anda temui di restoran lain. Menu lain yang tidak kalah menarik untuk anda coba antara lain adalah nasi Langgi dan nasi Punar. Sebagai menu penutup atau dessert, anda bisa mencoba Manuk Nom yang terbuat dari tape ketan ijo, susu cair, telor, kemudian dikukus dan disajikan bersama emping mlinjo sebagai pelengkap. Ada juga Prawan Kenes, yang terbuat dari pisang kepok kuning yang dibelah, diikat menggunakan daun pandan dan dijepit dengan bambu kemudian dikukus. Akan tetapi tidak lengkap rasanya jika anda belum mencoba minuman kesukaan HB IX, yaitu secang dan bir jawa. Pokoknya masih banyak lagi daftar makanan khas para Sultan Yogyakarta ini. Dalam kesempatan tertentu, pada sore hari nDalem Joyokusuman yang dipakai sebagai Resto Gadri ini juga sering disuguhi tari-tarian ayun-ayun ciptaan Sultan di masa lalu pula.
Berminat? mampir aja kalo datang ke jogja. semua tukang becak se jogja juga tahu di mana lokasinya….Selamat berpetualang di Gadri Resto…. ^_^ oh ya buat agan2 yang mau mampir nih catat baik2 alamatnya :
Gadri Resto beralamat di JL. Rotowijayan no.5 Kraton, Yogyakarta, tepatnya di sebelah barat Kraton Jogja. Phone: +62274 – 373520, Fax: + 62274 – 380145

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s